Road to PKM 2023 – UNIRA Malang Siapkan Mahasiswa untuk Ambil Peran

Jelang diselenggarakannya Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) oleh Dirjen Dikti, UNIRA Malang menyiapkan mahasiswanya untuk ikut andil dalam pengajuan proposal PKM. Dengan dibentuknya TIM PKM Center UNIRA Malang kemudian menyelenggarakan Seminar PKM UNIRA Malang 2022/2023. Mendatangkan narasumber reviewer PKM dan mahasiswa peraih medali emas pada (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional) PIMNAS ke-33 di UGM.

Muhammad Romli Muar, M.HI

Seminar PKM 2022 yang dilaksanakan pada Sabtu, 17 Desember 2022 bertempat di Aula KH. Moch. Said UNIRA Malang, dihadiri lebih dari 160 mahasiswa yang telah terdata sebagai ketua kelompok dan anggota PKM UNIRA Malang 2022/2023. Acara dibuka dengan sambutan dari Kabiro Administrasi Kemahasiswaan dan Alumni UNIRA Malang, Muhammad Romli Muar, M.HI. Dalam sambutannya beliau menyampaikan harapannya kepada mahasiswa yang hadir, semoga dari sekian banyak mahasiswa yang nantinya mengajukan proposal PKM, beberapa persen bisa lolos karena sebelum upload proposal di laman resmi dikti, proposal akan diseleksi di tingkat universitas terlebih dahulu. “Apabila proposal kalian lolos sampai pendanaan, ini akan memberi banyak manfaat untuk kalian sendiri dan juga kampus tentunya. Jadi silahkan diikuti seminar kali ini untuk menggali ilmu, tips dan trik seputar PKM, Semangat untuk kalian semua,” kata beliau. Pak Romli juga menyampaikan terima kasih kepada pemateri yang telah bersedia datang untuk membantu mahasiswa UNIRA Malang guna memberi wawasan tentang PKM.

Sunsya Putri Cahyaning G, S.Pd., Dr. Eng. Siti Sendari, S.T., M.T dan Erna Resmiatini, S.MB., M.Sc

Pada kesempatan ini Tim PKM Center UNIRA Malang mendatangkan Dr. Eng. Siti Sendari, S.T., M.T dan Sunsya Putri Cahyaning G, S.Pd. Jalannya seminar kali ini dipandu langsung oleh Erna Resmiatini, S.MB., M.Sc sebagai moderator. Dibuka dengan pemaparan dari Sunsya yang menjelaskan tentang PKM Nasional dimana penjelasannya memuat alasan mengapa mahasiswa perlu mengikuti PKM, tahapan PKM, strategi lolos pendanaan PKM, apa saja yang perlu disiapkan dan sharing pengalaman selama mengikuti PKM. Dilanjutkan dengan materi dari dosen reviewer PKM yang menjelaskan tentang jenis skema, pembinaan mahasiswa, gambaran PIMNAS, inti kegiatan PKM, cara mengolah ide, kumpulan ide yang didanai, proses seleksi proposal PKM termasuk seleksi administrasi dan seleksi substansi proposal. 

Setelah pemaparan materi, Bu Erna membuka sesi tanya jawab, yang dibuka sampai tiga sesi dengan tiap sesinya terdiri dari 3 pertanyaan. Antusias mahasiswa terlihat saat mereka mengajukan beberapa pertanyaan yang menggambarkan tentang keseriusan mereka untuk menggarap proposal PKM. Beberapa pertanyaan yang diajukan berupa teknik penulisan, kesesuaian referensi untuk mendukung ide mereka, cara efektif membangun komunikasi yang baik dalam satu tim, unsur akronim yang diperbolehkan yang seperti apa dan beberapa pertanyaan lainnya. Selain pertanyaan yang diajukan kepada pemateri, peserta seminar juga mengajukan pertanyaan kepada Tim PKM Center UNIRA Malang terkait revisi judul dan anggota PKM di setiap kelompok yang sebelumnya telah mereka daftarkan dan pendanaan awal untuk pengajuan PKM di tingkat universitas.

Bu Siti Sendari juga mengajak mahasiswa UNIRA Malang untuk siap menerima tantangan dan peluang untuk menerima pendanaan riset, konversi mata kuliah atau rekognisi, wisata ilmiah sampai keuntungan PKM sebagai pendamping ijazah kuliah. “Mahasiswa UNIRA Malang persiapkan diri kalian untuk maju bersama, berjuang bersama dan sampai jumpa di PIMNAS ke-36 tahun depan,” ajaknya.

(Visited 108 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *